Kafir Pun Masuk Surga (Fatwa Ulama Muhammadiyah)


Ini kabar gembira untuk kita semua. Kita yang nonmuslim tidak usah takut kalau-kalau surga kelak akan dimonopoli oleh orang Islam. Tenang sajalah. Orang kafir itu belum tentu akan masuk neraka. Bisa saja orang Kristen, Katholik, Hindu, Buddha, atau pun pemeluk agama lainnya masuk surga. 


Ini bukan opini diriku sendiri, loh! Di sini aku hanya melaporkan pandangan atau "fatwa" seorang tokoh ulama Muhammadiyah bernama Yunahar Ilyas. Kalau engkau tidak setuju dengan fatwa ini, jangan mengajak debat denganku di sini. Sana, proteslah ke kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Jogjakarta. 


Menurut ulama terkemuka ini, ada dua kelompok umat nonmuslim yang bisa masuk surga, yaitu: orang-orang "yang sama sekali belum tersentuh oleh dakwah Islam, mungkin karena hidup terisolir atau karena kelemahan para da’i yang tidak menyampaikan ajaran Islam kepada mereka”; dan orang-orang yang sudah tersentuh oleh dakwah Islam, “tetapi tidak secara utuh dan benar, sehingga mereka tidak melihat kebenaran dan keutamaan ajaran Islam”. 



Untuk kasus orang-orang yang seperti itu, Yunahar Ilyas menyatakan bahwa mereka tidak akan dijebloskan ke neraka lantaran keyakinan dan cara ibadah mereka yang tidak sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan As-Sunnah. Dalilnya adalah firman Allah: “… dan Kami tidak akan meng’azab sebelum Kami mengutus seorang rasul.” (QS al-Isra’ [17]: 15) 


Pandangan atau "fatwa" ulama Muhammadiyah tersebut beliau kemukakan dalam seminar tentang “Respon Muhammadiyah terhadap Liberalisasi Islam” di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Maret 2005. Bener! Aku nggak bohong. Kalau tak percaya, periksalah sendiri makalahnya! 


(Lihat M Dien Syamsuddin, dkk, Pemikiran Muhammadiyah: Respons terhadap Liberalisasi Islam (Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2005), hlm. 287-288.) Apakah semua orang kafir akan selamat dari siksa neraka? Tunggu dulu! Enak aja mau masuk surga tanpa bekal amal. Supaya lepas dari azab neraka, masih ada syaratnya, yaitu "berlomba-lombalah dalam [berbuat] kebaikan" (QS al-Baqarah [2]: 148) J


adi, menurut fatwa tersebut, orang kafir yang “tidak melihat kebenaran dan keutamaan ajaran Islam” lantaran “kelemahan para da’i yang tidak menyampaikan ajaran Islam secara utuh dan benar” bisa masuk surga dan selamat dari azab neraka, asalkan berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Asyik, 'kan?

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/sangji/kafir-pun-masuk-surga-fatwa-ulama-muhammadiyah_5509e0368133113d62b1e3bd

0 Response to "Kafir Pun Masuk Surga (Fatwa Ulama Muhammadiyah)"

Post a Comment