CARA MUDAH MENGATASI KETULANGAN TULANG IKAN DI TENGGOROKAN


Salah satu tantangan ketika makan ikan adalah tulangnya. Beberapa ikan seperti ikan emas dan ikan bandeng memiliki tulang diseluruh bagian dagingnya sehingga kalau tidak hati-hati, tulang tersebut bisa tersangkut di tenggorokan atau biasa disebut dengan ketulangan. Tapi kalau sudah terlanjur ketulangan apa yang harus dilakukan.
Baca : WAJIB BACA BUAT YANG PUNYA BALITA! INI CARA ALAMI KELUARKAN DAHAK BALITA
1. Minum Air Hangat Dengan Dicampur Sedikit Garam
Bila tulang menancap dirasa kecil, kamu cukup menghilangkannya dengan minum air hangat yang dicampur dengan sedikit garam. Air garam akan membantu tulang halus ini melunak dan terbawa oleh air hingga ke lambung.
2. Gumpalan Nasi Hangat
Bila cara No. 1 gagal karena ternyata duri ikannya cukup besar dan menancap cukup dalam, Penyuka Masak bisa mengganti caranya dengan menelean segumpalan nasi hangat tanpa dikunyah. Sesuaikan ukuran nasi dengan kemampuan kamu untuk menelan. Lengketnya nasi diharapkan akan membawa serta duri ke lambung.
3. Menelan Pisang
Selain gumpalan nasi, potongan pisang pun juga bisa. Caranya pun sama, potong pisang sesuai kemampuan kita menelan dan telan tanpa dikunyah.
4. Periksakan Ke Ahli THT
Bila cara-cara diatas sudah dicoba dan tidak berhasil. Bahkan menimbulkan rasa sakit yang semakin parah, sebaiknya jangan coba-coba mengeluarkannya sendiri dengan tangan atau pinset. Segera konsultasikan ke dokter THT untuk menghindari resiko infeksi.
Baca : 10 Kiat Agar Anak Cerdas Sejak Dini
source: sukamasak

0 Response to "CARA MUDAH MENGATASI KETULANGAN TULANG IKAN DI TENGGOROKAN"

Post a Comment