Aqiqah, dalam terminologi Islam, didefinisikan berkurban hewan pada kelahiran anak.

Pelaksanaan Aqiqah ini sangat dianjurkan. Hal ini dilakukan oleh orang tua atau wali anak. Nabi Muhammad (SAW) dan para sahabat melakukan aqiqah setiap mendapatkan bayi baru.

Kapan Aqiqah harus dilakukan?

Waktu terbaik untuk melakukan Aqiqah adalah pada hari yang ketujuh setelah kelahiran bayi.

Dan Inilah doa aqiah yang harus diketahui

Doa Aqiqah saat akan menyembelih hewan kurban:

DO’A MENYEMBELIH HEWAN AQIQAH

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللّهُم‍َّ رَبِّىْ, هَذِهِ عَقِيْقَةُ ... بِنْ.... دَمُهَا بِدَمِهِ وَلَحْمُهَا بِلَحْمِهِ وَعَظْمُهَا بِعَظْمِهِ وَجِلْدُهَا بِجِلْدِهِ وَشَعْرُهَا بِشَعْرِهِ. اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا فِدَاءً لِ...بن....مِنَ النَّارِ

Artinya: Ya Allah, wahai Tuhanku, hewan ini adalah aqiqah untuk….bin… (sebutkan namanya), dimana darahnya (hewan) adalah menebus darahnya (anak), dagingnya (hewan) untuk menebus dagingnya (anak), tulangnya (hewan) adalah untuk menbus tulangnya (anak), kulitnya (hewan) adalah untuk menebus kulitnya (anak) dan bulunya (hewan) untuk menebus rambutnya (anak). Ya Allah, hendaklah Engkau menjadikan aqiqah ini sebagai tebusan untuk….bin…. (sebutkan namanya) dari neraka.


Apakah tujuan Aqiqah?

Ada banyak manfaat dalam pelaksanaan Aqiqah. Salah satunya adalah mengumumkan kelahiran bayi. Mendapatkan momongan adalah rakhmat luar biasa yang diberikan sang maha pencipta Allah SWT.

Tujuan lain mengundang anggota keluarga, tetangga dan teman-teman untuk merayakan acara selamatan sebagai bentuk rasa syukur telah diberikan kelahiran bayi baru. Orang miskin harus dimasukkan dalam perayaan dengan supaya mereka dapat merasakan kesempatan menikmati makanan dan daging yang dihidangkan pada acara syukuran itu.

Jenis hewan untuk dikorbankan

Berikut adalah sebuah hadits Nabi Muhammad (SAW) dimana beliau menyarankan Aqiqah kambing/domba.

Diriwayatkan um Kurz: Rasulullah (SAW) berkata: dua ekor domba yang menyerupai saling akan dikorbankan untuk anak laki-laki dan satu untuk seorang gadis. (Sunan Abu Dawud buku 15, No. 2830)

Kondisi hewan aqiqah

Kondisi hewan untuk Aqiqah adalah sama dengan kondisi-kondisi hewan yang untuk di Qurbankan pada hari raya Idul Adha. Hewan-hewan untuk disembelih harus kambing, sapi atau unta. Untuk unta, itu harus lebih dari 6 tahun, untuk sapi usia harus lebih tua dari 3 tahun dan untuk kambing jantan itu harus lebih tua dari 2 tahun. Mereka harus bebas dari segala bentuk cacat seperti buta, sakit, lemas atau kekurangan gizi. Hewan harus disembelih dengan cara islami yang telah ditetapkan aturan dan tata caranya.

0 Response to "Doa Aqiqah"

Post a Comment