Inilah Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam



Dahulu kala Allah SWT memberikan kehormatan kepada salah satu manusia pilihanNya yang bernama Ibrahim. Maka jadilah beliau Nabi. Dia berasal dari Mesopotamia aslinya adalah Irak selatan sekarang. Dia adalah model ideal untuk umat manusia. Berbicara tentang dia, Alquran mengatakan:

(lagi) yang mensyukuri nikmat-nikmat Allah. Allah telah memilihnya dan menunjukinya kepada jalan yang lurus. (An-Nahl 16:121)

Dan Kami berikan kepadanya kebaikan di dunia. Dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang saleh. (An-Nahl 16:122)

Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. (An-Nahl 16:123)


Sebagaimana Nabi-nabi lainnya, Nabi Ibrahim juga di beri oleh Allah SWT Mukjizat yang luar biasa.

Mukjizat nabi Ibrahim


Tahan terhadap api


Nabi Ibrahim Alaihissalam (AS) adalah seorang nabi dan rasul Allah yang memiliki keberanian dan mukjizat yang luar biasa dari Allah SWT. Keberaniannya adalah melawan Raja Namrudz Babel yang mengaku sebagai tuhan dengan membakar berhala atau berhala yang dituhankan.


Kebaranian Nabi Ibrahim menghancurkan berhala yang selama ini disembah kaumnya ini membuat Raja Namrudz marah. Oleh karena itu, dia memerintahkan pengawalnya untuk menangkap Ibrahim dan memasukkannya ke dalam api.




Api tidak Membakar Nabi Ibrahim:


Tungku besar disiapkan untuk tujuan ini. Nabi Ibrahim (saw) diikat dengan tali dan dia hampir tidak bisa bergerak. Dia cukup tenang dan ceria percaya dengan tegas bahwa Allah akan menyelamatkannya. Dia bahkan tidak menolak dan berontak saat tubuhnya akan dilempar kedalam tungku besar, dan penonton kagum pada sikapnya.


Nabi Ibrahim (saw) dilemparkan ke tengah tungku. Api api berkobar. Mereka mendesis dan mendesis tapi Allah Yang Mahakuasa memerintahkan api untuk tidak menyakiti sahabatNya Ibrahim (saw):

21-69: Kami (Allah) berfirman: "Wahai api! Menjadi dinginlah, dan menjadi sejahtera terhadap Ibrahim".




Orang-orang yang menyaksikan kekejaman Raja Namrudz berpikir bahwa Nabi Ibrahim (AS) telah dibakar sampai mati. Mereka samasekali tidak mendengar Nabi Ibrahim (saw) berteriak kesakitan. Beberapa waktu kemudian orang-orang dibuat terkejut dan terperangah, ketika melihat nabi Ibrahim (AS) berjalan keluar dari dengan utuh, tanpa ada sedikitpun luka bakar ditubuhnya, seolah tidak ada yang menyentuhnya. Mereka sangat terkejut melihatnya.


Allah mengabadikan peristiwa heroik ini di dalam Al Qur'an, di antaranya dalam Surah Al-An'am ayat 74-83, ayat Al-Anbiya 51-70, ayat Albaqarah 124 dan 258, ayat Alsyuara 69-89, ayat Ibrahim 35-41 , Dan Ayat Hud 69-76.




0 Response to "Inilah Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam"

Post a Comment