Cara Sholat Istikhoroh Lengkap



Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang ditujukan untuk meminta bimbingan kepada Allah ketika hambanya sedang menghadapi masalah ataupun kegundahan atas keraguan soal pilihan dalam hidup. Insya Allah, akan ada petunjuk dari dari Allah SWT, jika kita benar-benar khusyu dan ikhlas berpasrah atas segala problem hidup. Nabi mengajarkan demikian agar manusia terjauh dari penyembahan kepada berhala dengan meminta dan menaruh kepercayaan pada dukun atau paranormal dan sebagainya.

Dalam Islam sebenarnya telah disusun dengan rapi dan sempurna semua ajaran yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad adalah dengan doa istikharah. Tidak ada alasan bagi umat Nabi untuk menyekutukan Allah SWT, karena Islam itu benar-benar sempurna. Semua petunjuknya adalah kepada pemilik alam semesta bahwa Allah SWT mengetahui yang terbaik dari semua masalah ciptaannya.

Pada artikel ini saya akan menuliskannya untuk Anda

Cara, Niat dan Doa Shalat Istikharah lengkap beserta bacaan latin dan terjemah dalam bahasa Indonesia. Tujuannya adalah supaya anda lebih mudah memahami artikel ini karena telah kami sederhanakan ke dalam bahasa yang lebih mudah dan dapat dimengerti.

Definisi Shalat Sunnah Istikhoroh

Shalat istikhoroh adalah sholat sunnah 2 rakaat yang dilakukan untuk meminta bimbingan yang baik kepada Allah SWT atas sebuah pekerjaan atau rencana yang masih diragukan, baik untuk kepentingan pribadi, atau kepentingan umum, untuk mendapatkan keputusan.


Misalkan seseorang berurusan dengan 2 hal atau lebih. Sementara dia harus memilih salah satunya. Dalam keadaan seperti itu ia disunahkan untuk melakukan sholat sunah istikhoroh karena manusia hanya sebatas merencanakan dan melaksanakannya, sedangkan keputusan tetap di tangan Allah SAW, Dialah yang memiliki hak untuk memberikeputusan atas pilihan-pilihan itu.


Yang perlu diperhatikan adalah sebelum melakukan shalat istikharah, hatinya dinetralisir dari kasus yang akan dipilih. Jangan mendukung satu dan membenci yang lain. Hal ini perlu dilakukan agar pilihan yang muncul bukanlah pilihan kita sendiri yang pada akhirnya akan menimbulkan kekecewaan. Isyarat yang diberikan oleh Allah SWT sebagai jawaban biasanya melalui mimpi atau kemantapan hati terhadap satu pilihan. Sholat Istikhoroh ini dilakukan berkali-kali misalnya 7 kali.

Kapan waktu yang tepat Untuk sholat Istikhoroh?

Waktu pelaksanaannya bisa saja siang atau malam. Namun, waktu terbaik adalah sepertiga malam terakhir (antara pukul 01.00 dan sebelum fajar), karena biasanya di saat yang sepi hati akan khusyu, baik dalam sholat maupun dalam doa.
Bagaimana cara melakukan sholat istikharah sama seperti cara sholat fardhu, baik gerak maupun bacaan. Satu-satunya perbedaan adalah niat.

Niat sholat Istikhoroh
Inilah bacaan niat sholat istikhoroh 


أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال

USHALLI SUNNATAL ISTIKHOORO TI ROKA'TAENI LILLAHI TA'AALA
(saya niat sholat sunnah istikhoroh hanya semata karena Allah SWT)

Jadi sholat sunnah istikhoroh itu terdiri dari dua rakaat, tidak ada perbedaan dari urutan gerakan-gerakan dalam sholat, sama persis seperti sholat fardu.
Hanya niatnya saja yang membedakan.

Adapaun surat yang dibaca setelah bacaan al-fatikhah adalah bebas, bisa pakai surat apa saja, tetapi agar lebih afdhol sebaiknya baca surat-surat berikut:

Pada rakaat pertama setelah AL-Fatihah dibaca surat AL-Kaafiruun, lalu dilanjutkan dengan membaca surat AL-Qashash ayat 68-69, sebanyak 7 kali,yaitu:



warabbuka yakhluqu maa yasyaau wayakhtaaru maa kaana lahumu alkhiyaratu subhaana allaahi wata’aalaa ‘ammaa yusyrikuuna
warabbuka ya’lamu maa tukinnu shuduuruhum wamaa yu’linuuna

( " Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Ia kehendak dan memilihnya. Sekali-kali tak ada pilihan bagi mereka. Mahasuci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan. Dan Tuhanmu mengetahui apa yang sembunyikan dalam dada mereka dan apa yang mereka nyatakan." )


Pada raka'at kedua setelah Al- Fatihah dibaca surat Al-Ikhlas, lalu dilanjutkan dengan membaca surat Al- Ahzaab ayat 36, sebanyak 7 kali, yaitu :

"WA MAA KAANALI MU'MININ LAA MUUMINATIN IDZAA QADHALLAAHU WA RASUULAHU FAQAD DHALLA DHALAALAM MUBIINAA.

(" Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mu'min dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan rasul-Nya, maka sungguhlah dia telah benar-benar sesat.")

Do'a sesudah shalat istikharah :




"ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BI QUDRATIKA WA AS-ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADLIIMIFA-INNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WA TA'LAMU WA LAA A'LAMU WA ANTA' ALLAAMUL GHUYUUBI ALLAA-HUMMA IN KUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRAKHAIRUN LII FII DIINII WA MAA'AASYI WA'AAQIBATI AMRII FASHRIFHU'ANNII FASHRIFNII'ANHU WAQDUR LIYAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA RADHDHINII BIHII."


(" Wahai Tuhanku, aku memohon agar Allah memilihkan mana yang baik menurut pengetahuan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu agar memberikan kepastian dengan kepastian-Mu Yang Maha Agung, karena sesungguhnya Engkau Maha memastikan sedang aku tidak mengetahui, dan sungguh Engkau Maha mengetahui segala yang gaib. Wahai Tuhanku, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku, dalam agamaku, dan dalam penghidupanku serta baik pula akibatnya bagiku, maka berikanlah perkara ini kepadaku dan mudahkanlah bagiku, kemudian berikanlah keberkahan bagiku di dalamnya. Wahai Tuhanku, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini tidak baik bagiku, maka jauhkanlah perkara ini dari padaku dan jauhkanlah aku darinya dan berikanlah kebaikan di mana saja aku berada kemudian jadikanlah aku orang yang ridho atas pemberian-Mu.")

0 Response to "Cara Sholat Istikhoroh Lengkap"

Post a Comment