Foto: Kediaman Bos First Travel, Rumah atau Istana Nih?



Jakarta - Direktur Utama First Travel Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Desvitasari, resmi ditahan polisi atas dugaan penipuan. Rumah mewahnya di kawasan Sentul, Bogor, tampak sepi.

Rumah Andika dan Anniesa berada di salah satu cluster di Perumahan Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berdasarkan pantauan, Senin (14/8/2017) sekitar pukul 16.00 WIB, rumah tersebut tampak digembok dari luar.

Meski memang berada di kawasan elite, rumah Andika tampak lebih mewah dibanding rumah di samping kiri dan kanannya. Ada pilar-pilar yang menyangga rumah dua tingkat itu dan kubah di atasnya.

Foto: Farhan/detikcom

Mengintip dari luar gerbang, tak ada aktivitas sama sekali di sekitar rumah.
Juga tak ada penjagaan, baik dari keamanan rumah maupun kepolisian.
Lampu rumah bagian luar mati, namun lampu di tiap gerbang terlihat menyala. Tak ada kendaraan yang terparkir di halaman rumah bercat putih tersebut.

Pemandangan depan rumah merupakan tanah lapang. Keadaan sekitar rumah tampak sepi. Hampir tak ada kendaraan yang lalu-lalang.
Polisi menyita sejumlah dokumen dalam penggeledahan sejumlah kantor PT First Anugerah Karya Wisata atauFirst Travel. Dokumen tersebut di antaranya ribuan paspor calon jamaah umrah yang telah menyetorkan dananya ke agen perjalanan tersebut.

"Saya dapat laporan aset sudah diamankan, termasuk sekian ribu paspor yang diamankan," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (14/8/2017).

Setyo mengatakan, ribuan paspor itu disita untuk dijadikan salah satu bukti dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan itu. Ia memastikan paspor itu akan dikembalikan setelah proses klarifikasi selesai.
"Saya imbau masyarakat yang paspornya masih di First Travel, mohon waktu karena masih diklarifikasi, masih dicek," kata Setyo.

Kantor First Travel ditutup setelah penggeledahan polisi pada pekan lalu. Polisi menggeledah kantor pusat First Travel di TB Simatupang, Jakarta Selatan, kantor cabang di Depok, termasuk kediaman dua tersangka.

Dalam kasus ini, Bareskrim Polri telah menahan Direktur Utama First Travel Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Desvitasari, yang juga direktur di perusahaan tersebut. Para pelanggan mengaku kebingungan untuk mengurus administrasi karena ditutupnya kantor tersebut. Padahal, belum semua paspor dan dana yang mereka setor dikembalikan.
First Travel menawarkan harga pemberangkatan umrah yang lebih murah dari agen travel lainnya. Pembeli tergiur dan memesan paket umrah. Namun, hingga batas waktu yang dijanjikan, calon jemaah tak kunjung berangkat. Perusahaan itu kemudian dianggap menipu calon jemaah yang ingin melaksanakan umrah.

0 Response to "Foto: Kediaman Bos First Travel, Rumah atau Istana Nih?"

Post a Comment