Menghilangkan Ketombe Membandel


Menghilangkan Ketombe Membandel





Rambut adalah mahkota, setip orang pasti menginginkan rambut yang sehat dan indah. 

Akan tetapi apa jadinya jika dikepala kita ada ketombe? Tentu sangat mengganggu bukan?
Hampir semua orang pernah mengalami ketombean, paling umum adalah remaja, karena saat memasuki usia pubertas mereka mengalami perubahan hormonal dan keringat berlebih juga bisa menjadi pemicunya.


Ketombe atau dalam nama ilmiahnya pityriasis capitis adalah pengelupasan sel kulit mati yang berlebihan. Kulit kepala yang berminyak atau kulit kepala yang kering pada dasarnya sama saja bisa terkena ketombean. Ketombe seperti sulit diobati, ada beberapa orang yang mengatakan sudah bergonta ganti shampo namun tetap saja ketombean, mungkin itu yang biasa disebut ketombe membandel.

Apakah Penyebab Ketombe membandel?

- Kurang menjaga kebersihan

Ketombe bisa disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan kulit kepala, misalnya jarang mencuci rambut atau saat mencuci rambut kurang bersih membilasnya, sehingga menyisakan kotoran sehingga menjadi sel kulit mati dan menjadi ketombe. bisa juga karena memakai sisir yang sudah kotor terus menerus.

- Jamur

 Ketombe dapat disebabkan karena jamur Malasezzia, jamur ini memang ada dikulit kepala, entah apa penyebabnya sehingga jamur ini bisa berkembang biak dikulit kepala sehingga menjadi ketombe yang membandel.

- Stress

Stress bisa menimpa siapa saja dengan sebab yang berbeda-beda, dan ternyata stress juga bisa berdampak pada kesehatan kulit kepala Anda hingga menyebabkan timbulnya ketombe  yang membandel.

- Makanan


Dijaman yang moderen seperti sekarang, dimana makanan instan seperti junkfood dll lebih populer dari makanan yang alami, tubuh kekurangan nutrisi sehingga bisa memicu timbulnya ketombe. oleh karena itu makanlah makanan dengan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bagaimanakah cara mengatasi ketombe membandel?


Jenis ketombe ada dua macam, ketombe basah dan ketombe kering. Jika Anda menderita seborrheic dermatitis maka akan keluar serpihan atau sel kulit mati yang mengelupas basah berwarna kuning dan berminyak.
Ketombe kering penyebabnya adalah karena ketidak seimbangan PH di kulit kepala, disebabkan karena reaksi alergi terhadap bahan kimia (produk rambut), kulit kepala akan terasa kering, kencang dan teriritasi, hingga timbul ketombe membandel

 Berikut ini beberapa cara mengatasi ketombe yang membandel


- Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan adalah wajib untuk kesehatan Anda. Begitu juga dengan kebersihan kulit kepala dan rambut Anda, keramas atau cucilah rambut dengan rutin 3x dalam seminggu, dengan memakai shampo yang cocok untuk Anda. Sisirlah rambut dengan benar untuk melancarkan sirkulasi darah di kepala Anda

- Cuka Apel

Menghilangkan ketombe bisa menggunakan cuka apel, Cuka apel memiliki rasa yang kecut dan aroma yang menyengat, selain untuk penambah aroma pada masakan cuka apel juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan salah satunya adalah untuk menghilangkan ketombe yang membandel. 
Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel:
Campur air dan secukupnya cuka apel dalam satu wadah yang bersih, campur hingga rata basahi rambut dengan cairan tersebut sambil dipijit merata selama 5-10 menit, kemudian tutup dan diamkan selama beberapa jam, kemudian bilas hingga bersih. Biknya digunakan saat menjelang tidur.

- Baking Soda

Cara menghilangkan ketombe membandel bisa juga dengan menggunakan baking soda. Selain menjadi bahan pengembang dan pelembut pada kue baking soda juga dapat mempunyai khasiat untuk eksfoliasi kulit. Baking soda dapat mengelupas sel kulit mati yang ada di kulit kepala. Cara:
Siapkan wadah bersih, campur air hangat dan 1 sdt baking soda , aduk hingga baking soda larut dan tercampur rata, gunakan untuk keramas sambil dipijat, kemudian bilas hingga bersih. walaupun bisa membuat rambut kering namun kondisi ini hanya sementara.


- Air Lemon

Sari lemon banyak sekali manfaatnya, selain enak untuk aneka minuman, air perasan jeruk lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe yang membandel
Khasiat tersebut berasal dari kandungan anti jamur yang terkandung di dalamnya.Cara membuat jeruk lemon untuk menghilangkan ketombe yaitu:
Peras 1 buah jeruk lemon ke dalam sebuah wadah bersih, campurkan dengan sedikit minyak kelapa, oleskan ke kulit kepala pijat dan diamkan beberapa menit kemudian bilas

- Lidah Buaya

Hal yang luar biasa dari lidah buaya selain dapat membantu menghilangkan ketombe membandel adalah juga dapat menghilangkan jamur yang ada di kulit kepala dan manfaat aloe vera untuk rambut dapat menghilangkan rasa gatal yang sering dirasakan ketika berketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya yaitu: Siapkan 1 batang lidah buaya, keluarkan gelnya lalu oleskan pada kulit kepala hingga rata, diamkan beberapa menit lalu bilas.

Baca juga menghilangkan ketombe dengan garam
Banyak manfaat yang menyehatkan dari sebuah garam. Manfaat garam untuk rambut berketombe dapaat mengelupas kulit kepala sehingga bersih dari kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk. 


- Telur

Menggunakan putih telur pada rambut bisa membuat rambut menjadi lembut dan bersinar. Namun tidak banyak yang tahu manfaat putih telur untuk rambut, manfaat putih telur untuk rambut rusak juga termasuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala. Cara menggunakan telur untuk menghilangkan ketombe membandel yaitu:
Siapkan 2 putih telur dalam mangkuk bersih, kocok lepas. gunakan pada kulit kepala sambil dipijat hingga merata, kemudian bilas dengan menggunakan shampo yang ringan hingga bersih.

Dari semua daftar perawatan diatas, pilihlah yang menurut anda cocok lakukan dengan rutin hingga hasilnya maksimal. 
Semoga bermanfaat

0 Response to "Menghilangkan Ketombe Membandel"

Post a Comment