menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis


menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis




Setiap orang bisa terkena ketombe, dan hampir semua orang pernah mengalami ketombean.
Ketombe bisa disebabkan oleh minyak yang berlebih dikulit kepala, kulit kepala yang kotor, lembab ataupun kering. Penyebabnya bisa karena jarang keramas, gaya hidup yang tidak sehat, stress, infeksi jamur, infeksi bakteri, perubahan hormon anak yang baru tumbuh remaja dan alergi.


Jika sudah terkena ketombe, kulit kepala akan terasa gatal, apalagi jika cuaca sedang panas sehingga timbul keringat dikulit kepala dan itu sangat mengganggu. Bagaimanakah cara menghilangkan ketombe? Beberapa produk pencuci rambut ada yang khusus untuk menghilangkan ketombe, namun tidak semua orang cocok. Jika Anda tidak cocok baiknya coba alternatif lain, misalnya dengan cara yang alami, seperti menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis?? 

Bisakah jeruk nipis menghilangkan ketombe??


Jeruk nipis adalah buah yang banyak mengandung vitamin c dan asam sitrat, jeruk nipis juga mengandung zat anti bakteri yang bisa membunuh jamur penyebab ketombe, sehingga jeruk nipis bisa menghilangkan ketombe dan melembabkan rambut yang kering namun tidak membuat lengket dikulit kepala. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis juga bisa menetralkan PH pada kulit kepala, juga mengandung anti oksidan sehingga bisa mengurangi iritasi.

Berikut cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis


-Gunakan untuk keramas

Saat Anda akan mencuci rambut atau keramas, siapkan 1-2 buah jeruk nipis kemudian peras dan ambil air nya. gunakan saat anda selesai mencuci rambut, diamkan beberapa saat, lalu bilas.  Baik untuk melembabkan kulit kepala, menghilangkan sel kulit mati dan membasmi ketombe gunakan 2x dalam seminggu.

- Jeruk Nipis dan Telur

Manfaat telur untuk rambut yaitu mengandung protein dan nutrisi yang melembabkan kulit kepala dan mencegah gatal serta radang. Caranya siapkan 1 buah telur, ambil putih nya saja tambahkan air jeruk nipis dari 1 buah jeruk nipis, aduk hingga tercampur rata.  gunakan pada rambut dan kulit kepala, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air biasa lalu keramas menggunakan sampo. gunakan minimal 2x dalam seminggu.


- Jeruk Nipis dan Minyak Kelapa

Siapkan 4 sendok makan minyak kelapa yang bersih, lalu panaskan sebentar saja, tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis, aduk rata. gunakan dengan cara dioleskan pada kulit kepala hingga rata lalu diamkan 10-15 menit, kemudian bilas/cuci rambut seperti biasa, lakukan secara rutin 2x dalam seminggu.

- Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun

Jika ketombe Anda sulit dihilangkan, anda bisa baca menghilangkan ketombe membandel 
Campurkan dua sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan air perasan jeruk nipis, aduk rata lalu hangatkan campuran ini sebentar, gunakan pada kulit kepala dan rambut Anda. Lakukan sambil dipijat kemudian diamkan 15 menit sampai meresap, lalu bilas atau cuci seperti biasa. lakukan dengan rutin hasilnya rambut anda akan lembut, bersinar dan ketombe hilang.

- Jeruk Nipis dan Cuka Apel

Manfaat cuka apel untuk rambut bisa membasmi jamur dan membersihkan sel kulit mati di kulit kepala dan mencegah gatal dan kekeringan. Siapkan campuran dua sendok makan cuka apel dengan satu sendok makan perasan jeruk nipis. Pakai pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Diamkan 30 menit agar meresap lalu cuci dengan shampo ringan. lakukan rutin 2-3 x dalam seminggu.

- Jeruk Nipis dan Yogurt

Siapkan secukupnya yogurt tawar pada satu wadah, campurkan dengan air perasan jeruk nipis, aduk rata hingga menyerupai pasta, gunakan pada rambut dan kulit kepala seperti creambat, lalu diamkan 3o menit kemudian bilas, lakukan dengan rutin untuk hasil terbaik. Rambut akan menjadi lembut dan bebas ketombe. Ramuan ini bisa juga digunakan untuk masker wajah Anda, lebih hematkan..

- Jeruk Nipis dan Madu

Manfaat madu untuk rambut dan manfaat madu untuk rambut bayi mempunyai khasiat membersihkan rambut. Campur dua sendok teh perasan jeruk nipis dan lima sendok teh, tambahkan air sedikit dan aduk sampai rata. Pakai campuran ini di rambut dan diamkan sekitar 15-20 menit lalu bilas dengan sampo.

- Jeruk Nipis dan Lidah Buaya

Manfaat aloe vera untuk rambut mengandung anti bakteri dan anti jamur yang bisa membasmi ketombe. Ambil gel lidah buaya yang masih segar dan campur dengan air jeruk nipis dan pakai di kulit kepala serta rambut, jika campuran ini berbau kurang sedap, bisa ditambahkan sedikit minyak zaitun atau yogurt sebanyak satu sendok teh. Lidah buaya juga bisa menjadi salah satu cara meluruskan rambut secara alami. Perlu diperhatikan, hindari menggunakan campuran ini terlalu sering, karena bisa membuat warna rambut menjadi merah.

- Jeruk Nipis dan Bubuk Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat antibiotik yang bisa membasmi bakteri di kulit kepala. Campurkan dua sendok makan bubuk bawang putih dan satu sendok makan air jeruk nipis menjadi pasta. Oleskan ke rambut dan kulit kepala secara merata sambil dipijat perlahan. Biarkan selama setengah jam, lalu cuci dengan sampo herbal dan air dingin, ulangi secara teratur untuk mengurangi ketombe.

- Jeruk Nipis, Jahe dan Minyak Zaitun

Jahe mampunyai khasiat anti bakteri dan anti inflamasi atau peradangan sedangkan minyak zaitun memperkuat dan menutrisi rambut serta kulit kepala. Campuran ini tidak hanya membasmi ketombe tetapi juga mencegahnya timbul kembali. Caranya, peras akar jahe dan ambil sarinya. Kemudian campurkan dalam jumlah yang sama dengan minyak zaitun dan air jeruk nipis sampai rata. Pakaikan di kulit kepala sambil dipijat perlahan, diamkan 30 menit lalu cuci rambut seperti biasa.

- Jeruk Nipis dan Baking Soda

Perasan jeruk nipis segar dan baking soda dicampur menjadi pasta. Pakai di seluruh kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit sampai kulit kepala terasa agak gatal, lalu bilas dengan cuka apel sebagai kondisioner. Lakukan secara teratur.


Semoga bermanfaat

0 Response to "menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis"

Post a Comment