Penyebab Ketombe Basah


Penyebab Ketombe Basah




Melihat rambut indah, sehat dan bersinar tentu kita sangat mendambakannya, seperti rambut bintang iklan shampo di televisi. Namun terkadang karena kelalaian kita mungkin kurang menjaga kebersihan rambut, karena stress, atau asupan makanan kurang seimbang nutrisinya, maka gangguan dikulit kepala pun datang, ketombe misalnya. Tiba-tiba kulit kepala terasa gatal, saat digaruk akan terlihat serpihan putih berjatuhan dari kulit kepala, apalagi sat berkeringat, sangat mengganggu bukan..?


Semua orang memang pernah mengalami ketombean, ketombe memang bukan penyakit menular dan tentu saja tidak akan jadi masalah jika ketombenya ringan, namun akan menjadi masalah jika ketombe itu menjadi parah. Jenis ketombe ada 2 ada ketombe kering dan ada ketombe basah. Produksi sebum atau minyak di kulit kepala memang dibutuhkan untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap lembab. Namun masalah dimulai saat terjadi kelebihan minyak atau sebaceous gland. Hal inilah yang menjadi penyebab ketombe. Kondisinya makin memburuk jika kotoran terjebak pada kulit kepala yang lengket, sehingga memicu gatal-gatal parah dan infeksi.

Cara mencegah tumbuhnya ketombe

Cucilah rambut dengan teratur, minimal 2 hari 1x, gunakan produk perawatan rambut yang cocok dengan kondisi kulit kepalamu, tidak menyisir rambut saat masih basah (keringkan dahulu dengan handuk) hindari stress dan lakukanlah pola hidup sehat, makan makanan dengan gizi seimbang. Anda juga bisa melakukan perawatan alami menggunakan bahan-bahan seperti dibawah ini

- Yogurt+putih telur

Siapkan 1/2 cangkir yogurt probiotik ditambah satu putih telur, dan tiga sendok teh jus lemon dicampur menjadi satu. oleskan ke permukaan kulit kepala hingga rata, diamkan 30 menit lalu bilas. Perawatan ini dapat membantu mengatasi ketombe dan membuat rambut terlihat lebih berkilau. Jika Anda memiliki masalah rambut kusam, perawatan ini juga bisa dijadikan pilihan.

- Santan+Madu


Parut 1/2 buah kelapa, saring dan ambil santannya. Tambahkan madu aduk rata, kemudian oleskan campuran tersebut ke permukaan kulit kepala dan rambut, diamkan selama 30 menit, lalu cucilah rambut. Perawatan ini memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat meredakan permasalahan rambut  berketombe atau rambut yang kusam.


Baca juga menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis
                  menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun
                  menghilangkan ketombe dengan garam
                  menghilangkn ketombe membandel

0 Response to "Penyebab Ketombe Basah"

Post a Comment