menghilangkan ketombe dengan garam


Menghilangkan Ketombe Dengan Garam




Memiliki rambut yang sehat dan indah tentu dambaan setiap orang, apalagi kaum wanita yang lebih perduli dengan penampilan, dan perawatan rambut pun menjadi ritual yang wajib seperti perawatan tubuh lainnya. Rambut yang indah dan sehat adalah penyempurnaan penampilan, oleh karena itu banyak orang yang berusaha merawat rambutnya dengan berbagai macam cara dari yang moderen hingga yang tradisional. 

Bagaimana jika dikulit kepala anda ada ketombe?

Nah! ini dia.. salah satu yang mengganggu dikulit kepala. Siapa sih yang gak kenal dengan ketombe, hampir semua orang pernah berketombe. Ketombe bukan saja mengganggu namun juga membuat Anda kurang percaya diri, karena jika ketombe sudah parah biasanya serpihannya dikulit kepala sangat banyak dan jika digaruk akan rontok dan terlihat, belum lagi kuku pun akan kotor karenanya.

Ketombe memang tidak berbahaya, namun kehadirannya dikepala sangat mengganggu, itu dikarenakan rasa gatal yang ditimbulkan oleh ketombe. Apalagi jika kita sedang berkeringat, sangat gatal sekali. bagaimana dengan wanita yang berhijab, tentu lebih tidak nyaman jika berketombe.

Ketombe adalah kulit kepala yang mengelupas, yang disebabkan oleh sebum Pada kulit kepala kita terdapat kelenjar yang memproduksi sebum dan juga organisme sangat kecil yang disebut Melasezia Globosa. Bagi orang yang sensitif terhadap organisme ini bisa mengalami ketombe sebagai akibatnya, keringat yang berlebih pun bisa menjadi penyebab ketombe.
Bagaimana cara untuk mengatasi ketombe?Berikut ini adalah salah satu solusi untuk mengatasi ketombe, yaitu mengatasi ketombe dengan garam.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam
Garam mengandung senyawa yang dapat membunuh bakteri di kulit kepala dan juga membasmi ketombe karena garam bersifat abrasif dan bersifat antiseptik. Kedua sifat garam ini membuatnya sangat berguna untuk mengatasi masalah ketombe.
Garam yang sudah sejak dulu digunakan untuk mengatasi gatal-gatal pada tangan dan kaki, saat ini juga bisa anda gunakan pada kulit kepala yang gatal akibat ketombe. Penggunaan garam disini juga akan memberikan banyak manfaat lain bagi kesehatan kulit kepala anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat garam yang bisa digunakan untuk perawatan rambut.

- Menyerap minyak berlebih dari rambut

Jika rambut Anda berminyak, pasti Anda sering mendapatkan masalah seputar perawatan rambut. Ketombe adalah salah satu masalahnya. Garam memiliki kandungan mineral yang dapat berguna untuk menyerap kelebihan minyak di kulit kepala. Caranya, basahi rambut dan kulit kepala lebih dulu. Taburkan garam ke kulit kepala, kemudian pijat kulit kepala menggunakan ujung jari tangan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Anda juga bisa cuci kembali rambut menggunakan shampo berbahan ringan.

- Menjaga Kelembaban Rambut 

Kebalikannya dari kulit kepala berminyak, kulit kepala yang kering juga dapat menimbulkan masalah bagi rambut kita. Pada kondisi kulit kepala kering, pengelupasan berlebihan dapat terjadi sehingga menimbulkan ketombe. Garam dapat membuat kulit kepala menjadi lembab kembali dengan menggosokkan garam pada kulit kepala, lalu diamkan selama beberapa saat. cara tersebut akan membantu memulihkan kelembaban pada kulit kepala.

- Mempercepat pengelupasan sel kulit 

Sel kulit mati adakalanya tidak bisa cepat mengelupas dengan sendirinya. Garam dapat membantu pengelupasan kulit tersebut dengan menggunakannya sebagai scrub kepala karena tekstur garam yang kasar. Mencuci rambut serta kulit kepala dengan garam juga dapat memberikan solusi untuk mengatasi masalah ketombe, sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Sifat antiseptik dari air garam membantu menyingkirkan jamur yang hidup di kulit kepala dan menyebabkan iritasi, yang meningkatkan pengelupasan secara cepat pada kulit kepala. Cara menggunakannya: Panaskan 2 gelas air, lalu tambahkan 3 sendok makan garam, aduk hingga garam larut. setelah air garamnya hangat gunakan untuk mencuci rambut, gosokkan pada kulit kepala hingga 10 menit, lalu bilas hingga bersih

- Memijat Kulit Kepala dengan Garam Saat Kepala Kering

Garam membantu melonggarkan ketombe dari kulit kepala dan memberi stimulasi pada peredaran darah di kulit kepala agar lebih sehat. Selain untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala, garam juga menyerap kelebihan minyak dan mencegah kembalinya pertumbuhan jamur dan ketombe Caranya: Taburkan beberapa sendok garam di setiap bagian rambut. Basahi ujung jari dan pijat rambut serta kulit kepala dengan lembut selama sepuluh sampai lima belas menit, kemudian Cuci rambut dan beri kondisioner, lalu bilas hingga bersih.

Selmat Mencoba dan Semoga Bermanfaat

0 Response to "menghilangkan ketombe dengan garam"

Post a Comment